Jalan Sehat Bersama FK UNS

”Ayunkan langkahmu, sayangi jantungmu” adalah slogan yang diusung di acara Jalan Sehat Bersama FK UNS. Acara yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2011 ini dimulai jam 05.30 dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang cukup menarik. Diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. A.A. Subijanti, dr, MS, disusul dengan pelaksanaan senam jantung sehat bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia dan Klub Jantung Sehat Cabang Manahan. Tak kurang dari seribu perserta tercatat membeli tiket jalan sehat, dan sebanyak tujuh ratus peserta diantaranya hadir dan ikut memeriahkan acara yang diselenggarakan di Lapangan Kota Barat ini. Usai pelaksanaan senam, peserta dilepas langsung oleh walikota Surakarta, Ir. Joko Widodo, kemudian berjalan bersama sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Dimulai dari Lapangan Kota Barat ke arah selatan menuju Jalan Slamet Riyadi kemudian belok ke timur sampai Pengadilan Negeri. Rute dilanjutkan ke arah utara sampai SMA Muhamadiyah 2 kemudian kembali ke Lapangan Kota Barat.

Para peserta bisa melepas penat setelah melakukan senam dan jalan sehat di lapangan dan menikmati hiburan menarik yang disuguhkan oleh panitia, antara lain penampilan dance dari PD’09, penampilan dari Scarta, Teater Spektrum yang dipersembahkan oleh prodi Psikologi, dan performance ”safety riding” oleh hiperkes. Selain itu di sekeliling lapangan terdapat berbagai stan, antara lain stan cek kesehatan gratis, stan Himpunan Mahasiswa Jurusan di FK UNS, juga stan sponsor acara jalan sehat ini. Di stan Himapsi kita bisa belajar bermain sudoku dan tarot. Stan Himadan juga memberikan cek tekanan darah dan konsultasi reproduksi gratis. Selain hiburan, di acara yang diketuai oleh M. David Perdana dari PD ’09 ini kita juga bisa belajar untuk mengendalikan api. KK bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran memberikan demo memadamkan api secara cepat dan tepat untuk para peserta. Selain itu terdapat beragam games untuk para peserta, seperti games meniup balon dan joget di atas kertas koran.  Yang paling menarik dari acara ini adalah doorprize yang disediakan jumlahnya tidak sedikit. Ada sepeda gunung, televisi 14 inch, handphone, dan 50 hadiah penghibur lainnya.

 

Pelepasan peserta jalan sehat

Acara jalan sehat yang hanya dipersiapkan selama kurang lebih satu bulan ini adalah acara yang spesial karena merupakan acara yang pertama kali diselenggarakan oleh gabungan lima program studi UNS, yaitu Pendidikan Dokter, Kebidanan, Psikologi, Kesehatan Kerja, dan Hiperkes. Salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan mahasiswa Fakultas Kedokteran secara keseluruhan. Acara yang disponsori oleh Fatigon, Pocari Sweat, Teh Gardoe, Vienna Tours, TATV, Togamas, dan Solo Radio ini berakhir pukul 11.00 dengan sukses dan lancar. Ega PD ’10 mengemukakan ”Kalo menurutku acaranya bagus, waktu diawal aku takut banget kalo acaranya bakal ngaret tapi alhamdulillah bisa lancar sampai akhir. Oke banget dah pokoke.”

Acara yang hebat ini juga tidak akan berjalan lancar tanpa adanya partisipasi dan kerja sama yang baik dari para peserta. Beberapa peserta juga membawa poster-poster berisi pesan kesehatan yang dibawa ketika melakukan jalan sehat. Terlepas dari berbagai kekurangan, diharapkan dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan awareness masyarakat untuk berpola hidup sehat dengan membiasakan berjalan dan berolahraga sebagai salah satu usaha menuju kualitas hidup yang lebih baik. ~DD~

 

Share →

One Response to Jalan Sehat Bersama FK UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>