BLOG

RCTI Peduli dan FK UNS Mengabdi

RCTI PEDULI DAN FK UNS MENGABDI merupakan sebuah program kemanusiaan berupa bakti sosial yang diselenggarakan di desa Sribit dan Pandak, Kelurahan Pandak, KecamatanSidoharjo, KabupatenSragen, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Januari 2012 dan merupakan kerja sama antara Media Nusantara Citra (MNC) Group dan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret(UNS)untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini,FK UNS menurunkan tim medis yang terdiri dari 2 dokter spesialis, 10 dokter umum, dan 30 mahasiswa kedokteran untuk ikut serta dalam acara ini. Terdapat beberapa pelayanan kesehatan umum dalam kegiatan ini seperti pengobatan gratis, pemeriksaan oleh dokter spesialis, penyuluhan bencana dan kesehatan, sosialisasi kesehatan pasca banjir, dan kesehatan gigi. Selain itu, bantuan berupa paket peralatan alat mandi juga diberikan kepada masyarakat serta paket sekolah berisi tas dan alat tulis untuk siswa di 3 SD yang berada di desa Sribit dan Pandak. Semua kegiatan ini dimulai dari pukul 08.30- 13.00 WIB.

Rangkaian acara ini dimulai dengan sambutan-sambutan, antara lain oleh pihak MNC Group, Dekan dari FK UNS, Kepala Desa,  dan Bupati Sragen. Semua pihak sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyakarat yang terkena bencana, khususnya korban bencana banjir. Hal ini pun menjadi sebuah bentuk pengabdian masyarakat untuk mengolah kecerdasan sosial oleh para mahasiswa maupun dokter yang merupakan alumni FK UNS untuk langsung terjun ke masyarakat.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari warga setempat, mengingat dampak banjir sangat berpengaruh terhadap kesehatan, seperti timbulnya penyakit umum, batuk, influenza, penyakit kulit, diare, dan deman berdarah, dll. Masyarakat pun bisa membudayakan antri ketika sedang periksa ke dokter dan sangat antusias terhadap kegiatan ini. Disela-sela kegiatan antri ini, diadakan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh perwakilan mahasiswa FK UNS untuk mengisi waktu luang.

Mulai dari warga lansia, ibu-ibu hamil yang memeriksakan kandungannya sampai adik-adik kecil pun ikut memeriksakan kesehatannya. Kami keluarga FK UNS pun menjadi lebih semangat membantu mereka untuk berobat ke dokter dan mendapat penanganan dini mengenai masalah kehatan yang mereka alami. Target 1000 peserta memang menjadi tantangan untuk acara kali ini. Namun, dengan segenap bantuan dan kerja sama masyarakat setempat, target ini pun bisa tercapai, bahkan melebihi target yang direncanakan. Semua ini tentu besar dukungan pihak MNC Group yang membantu mengumpulkan dana pemirsa melalui RCTI Peduli, MNCTV Peduli dan GlobalTV Peduli (-ica).

Post a comment