BLOG

Tenda Sehat

Salam berbagi bermanfaat bahagiaaa. Hari ini Kemensos mau bagi-bagi cerita soal Tenda Sehat. Taraaatttt!!! Jadi, kurang lebih 2 minggu yang lalu BEM FK UNS melalui Kementrian Sosialnya (yang kece-kece) diminta untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Wilayah III ISMKI yang dilaksanakan bulan maret kemarin. Tenda sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang kita lakukan untuk pengabdian di masyarakat. Di dalam tenda sehat kali ini masyarakat dapat melakukan pengecekan gula darah dan cek tensi. Nah, untuk pemeriksaan tensi tidak kami kenakan biaya, sementara untuk cek gula darah kami kenakan biaya sebesar lima ribu rupiah sebagai pengganti alat dan bahan untuk cek gula darah.
Resiko mungkin diturunkan, tapi manisnya hidup kita yang tentukan
Seperti halnya selogan dari salah satu produk gula di atas, seakan menggambarkan bisa saja resiko diabetes diturunkandari orang tua kepada anaknya. Meskipun diabetes bukan merupakan faktor genetis tetapi faktor-faktor penyebab diabetes dapat diturunkan dari orang tua ke anak.
Selain dengan pola hidup yang sehat dan selalu menjaga makanan kita kita dapat mengurangi resiko penyakit diabetes dengan cara melakukan pengecekan gula darah secara berkala. Taraaatttt!! Dengan mengadakan kegiatan tenda sehat kitapun dapat membantu masayrakat dalam mengontrol kesehatan diri.
Pada kegiatan tenda sehat minggu lalu sangat terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang ingin melakukan cek tensi dan gula darah. Pada awalnya kami bahkan sempat kuwalahan dikarenakan antusiasme masyarakat yang tinggi, bahkan ada beberapa dari mereka yang rela mengantri untuk melakukan cek gula darah dan tensi. Ternyata tidak hanya dari kalangan usia tua saja yang ingin melakukan cek tensi dan gula darah. Tidak sedikit anak muda usia produktif yang ingin melakukan pengecekan tensi dan gula darah. Meskipun awalnya hanya sekedar ingin tahu, tetapi secara tidak langsung kita telah membantu mereka dalam mengontrol kesehatan diri.
Semoga kedepannya kita bisa melakukan kegiatan tenda sehat lagi secara rutin. Selain kita dapat mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari, kita pun secara tidak langsung telah membantu masyarakat dalam mengurangi resiko penyakit diabetes.
Salam berbagi bermanfaat bahagiaaaa.

IMG_0549

IMG_0564

IMG_0568

  • Nurul Sefty

    Bahagia sekali jika melihat lingkungan dan masyarakat tempat kita belajar menjadi sehat

    semoga Tenda Sehat bisa selalu diadakan setiap sebulan sekali.

    ini bentuk pengabdian yg sangat bagus, maju terus BEM FK UNS ! 😀

    Reply

Post a comment